Wed. Jan 20th, 2021

BLAM

KEREN

BLAM Tetap Fokus Kembangkan Wacana Pengetahuan

1 min read

Para Peneliti BLAM saat mengikuti salah satu kegiatan di Kantor BLAM. Foto: Fauzan.

1,300 total views, 6 views today

MAKASSAR, BLAM – Kerja-kerja intelektual kerap kali dilekatkan pada identitas peneliti. Karena itu, pada 2021 dan tahun-tahun mendatang, Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) tetap melakukan pengembangan wacana pengetahuan di kalangan penelitinya.

Tujuannya, supaya para peneliti punya keragaman perspektif dalam melihat berbagai realitas di lapangan.

“Kita tidak akan berhenti memproduksi pengetahuan dan mengembangkan wacana dari berbagai macam perspektif,” kata Kepala BLAM, Dr. H. Saprillah, M.Si, saat membuka Rapat Evaluasi Hasil Pelaksanaan Program Kelitbangan Tahun Anggaran 2020 dan Pemantapan Program Kelitbangan Tahun Anggaran 2021, di aula Kantor BLAM di lantai tiga, Senin, 21 Desember 2020.

Menurut Saprilah, BLAM punya wadah untuk mendiskusikan berbagai macam perspektif pengetahuan dengan berbagai kalangan.

Selain hajatan di seminar (diseminasi), BLAM juga punya ruang untuk mendiskusikan beragam tema dan wacana pengetahuan, yakni “BLAM Corner.”

“BLAM Corner termasuk salah satu program unggulan BLAM. Ini merupakan ruang kita untuk mendiskusikan berbagai macam diskursus. Mulai temuan riset kita, mendiskusikan isu-isu tertentu, dan kasus-kasus aktual yang lagi hangat di Indonesia dan luar negeri,” kata Saprillah.

Meskipun mengusung berbagai macam wacana, BLAM tetap menomorsatukan tema Moderasi Beragama. Maklum, Moderasi Beragama merupakan misi kementerian agama, yang mulai digaungkan sejak 2019.

Bahkan, untuk riset dengan tema-tema Moderasi Beragama, BLAM sudah membuat road map kegiatan penelitian dan pengembangan hingga 2024. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *