Tue. Jan 19th, 2021

BLAM

KEREN

LP2M UIN Makassar Tertarik Wujudkan KKN Berbasis Riset BLAM

2 min read

Tim Peneliti BLAM bersama Pengurus LP2M UIN Alauddin Makassar. Foto: Istimewa.

1,919 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, tampaknya tertarik dengan tema-tema riset Balai Litbang Agama Makassar (BLAM).

Bahkan, LP2M UIN Makassar berharap, mereka dapat menjadikan hasil riset BLAM sebagai rujukan untuk penempatan lokasi mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah.

Demikian dikatakan Sekretaris LP2M UIN Makassar, Hasbi Ibrahim, M.Kes, saat menerima kunjungan dan berbincang-bincang dengan Tim Peneliti BLAM, di kantornya, Kamis, 17 Desember 2020.

Tim BLAM yang melakukan kunjungan ke LP2M UIN Makassar adalah Syahril Kila, M.Si, Muh. Dachlan, M.Pd, Khairun Nisa, M.Si, Burhanuddin, dan Zulfikar Kadir. Mereka datang untuk melakukan Koordinasi dan Konsultasi tentang Hasil Penelitian dan Pengembangan BLAM proyeksi 2022.

Hasbi Ibrahim menyatakan, pihaknya tertarik dengan tema-tema dan temuan riset BLAM, yang banyak mengangkat soal relasi sosial keagamaan, dan bahkan telah membuat aplikasi peta keagamaan.

Sebagai kampus agama, yang sebagian besar mahasiswanya mengenyam pendidikan pesantren (santri), mereka tentu juga ingin mengetahui kondisi sosial keagamaan di lokasi KKN. Apalagi, mahasiswa UIN cenderung berdakwah atau khutbah di masjid-masjid lokasi KKN.

“Dengan berbekal riset BLAM, kami tentunya dapat memetakan lokasi-lokasi KKN sesuai SDM (sumber daya manusia) mahasiswa. Dengan begitu, penentuan lokasi KKN kita nanti akan berbasis riset,” katanya.

Peneliti BLAM juga menjelaskan tentang rencana tema penelitian 2021, serta empat program aplikasi terbaru BLAM berbasis android, seperti “Klik Peta Keagamaan,” “Klik Naskah Klasik Keagamaan,” “Sidiphak,” dan “Klik Sekolah Rukun.” Empat aplikasi ini termasuk  produk yang dihasilkan dari temuan riset BLAM.

“Insya Allah, setelah pertemuan ini, kami akan terus mengkomunikasikan temuan riset kami ke LP2M UIN, termasuk yang bisa dikerjasamakan, ” kata Peneliti BLAM, Khairun Nisa’. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *