Wed. Dec 2nd, 2020

BLAM

KEREN

Peneliti Jangan Alergi Dikritik! Kepala BLAM Saprillah: Kritik Sumber Gizi Penelitian

2 min read

Kepala BLAM, Dr. H. Saprillah, M.Si. Foto: Istimewa

4,203 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Kepala Balai Litbang Agama Makassar (BLAM), Dr. H. Saprillah, M.Si, mengimbau Peneliti BLAM untuk tidak alergi terhadap segala kritikan. Sebab, kerja-kerja penelitian memang tak luput dari sasaran kritikan.

“Pekerjaan penelitian adalah pekerjaan untuk menerima kritikan. Tapi, kritik adalah sumber gizi utama dari sebuah penelitian. Saya berharap, peneliti tidak berkecil hati ketika mendapatkan kritikan keras,” kata Saprillah, saat memberi sambutan pada kegiatan Seminar Hasil Penelitian Tahap Kedua BLAM, di Hotel Aryaduta Makassar, Selasa, 27 Oktober 2020.

Menurut Saprillah, sebuah perspektif apapun namanya, tak pernah lepas dari kelemahan. Termasuk pula yang saat ini dilakukan Peneliti BLAM, yang meneliti soal Moderasi Beragama dari beragam perspektif.

Tentu saja, kata dia, ada orang atau kelompok lain, yang kurang menyetujui istilah (Moderasi Beragama) yang mulai 2019 lalu menjadi fokus utama kementerian agama.

“Seperti kita (BLAM) misalnya, punya tiga batasan masalah tentang Moderasi Beragama, yang kemudian kita jadikan semacam kerangka perspektif untuk turun ke lapangan. Tentunya, ada juga yang melihat Moderasi Beragama dalam kerangka perspektif yang lebih luas,” kata Ketua Lakpesdam Nahdlatul Ulama Sulawesi Selatan, ini.

Meski begitu, perbedaan pandangan dalam dunia riset, adalah sesuatu yang lumrah. Malah, kata Saprillah, masukan dan kritikan dari orang-orang yang berbeda pandangan, justru dianggap bisa mematangkan sebuah konsep dari apa yang tengah diteliti.

“Sebab, konsep itu tidak bisa berdiri sendiri. Ia tidak bisa tumbuh sendirian. Ia butuh perspektif. Karena itu, setiap kali BLAM seminar, kami menghadirkan pejabat negara, ulama, dosen, tokoh pendidik. Gunanya, untuk membangun dan memberi kritikan kepada peneliti, sehingga hasil riset kami memenuhi standar kriteria akademis,” imbuhnya. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright ©BLAMakassar2019 | Newsphere by AF themes.