Wed. Dec 2nd, 2020

BLAM

KEREN

BLAM Susun Road Map Moderasi Beragama 2020-2024

2 min read

Salah satu kegiatan BLAM adalah menggelar seminar hasil penelitian. Foto: M. Irfan

3,375 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) tetap menjadikan Moderasi Beragama sebagai fokus penelitian 2020 hingga 2024.

Selain merancang rencana strategis (renstra) program kegiatan kelitbangan 2020-2024, BLAM juga menyusun Road Map penelitian bertema Moderasi Beragama untuk lima tahun ke depan.

“Dengan mengacu pada tiga rencana strategis, BLAM menjadikan penelitian Moderasi Beragama selama lima tahun ke depan (2020-2024) sebagai penguatan program makro Kementerian Agama,” kata Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si.

Sebagai Unit Pelaksana Tugas (UPT), program kerja BLAM dimaksudkan untuk mendukung tugas dan fungsi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

“Tugas dan fungsi kelitbangan BLAM merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan rencana strategis Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, rencana strategis Kementerian Agama RI, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024,” kata Saprillah.

Saprillah menyatakan, tantangan untuk menjawab persoalan sosial dengan pendekatan akademik, menempatkan peneliti pada posisi strategis. Hasil pikir para peneliti, kata dia, sangat dinanti oleh berbagai lapisan sosial untuk menemukan jalan keluar atas kuldesak sosial.

“Namun, peneliti berlabel negara terkadang mendapatkan sinisme. Ini muncul dari kerancuan pengelolaan penelitian yang sangat teknis dan pragmatis. Para peneliti negara dituntut bekerja lebih keras untuk membuktikan kapasitas intelektualnya. Tentu saja, tanpa melupakan tugas utamanya untuk menghasilkan penelitian kebijakan,” kata pria kelahiran 1977, ini.

BLAM sendiri merupakan salah satu UPT Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Wilayah penelitian BLAM mencakup 12 provinsi di Kawasan Timur Indonesia, yaitu: Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara  Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, Road Map Penelitian Moderasi Beragama BLAM 2020-2024, adalah:

1) Moderasi Beragama dalam perspektif berbagai lapisan masyarakat (2020). Hal ini maksudkan untuk mengetahui persepsi dan pendapat publik, termasuk dalam naskah keagamaan, guna  memperkaya konsep moderasi beragama yang telah dibuat Kementerian Agama dan untuk menjembatani nalar moderasi beragama kepada masyarakat.

2) Moderasi Beragama sebagai metode berpikir dalam melihat persoalan sosial keagamaan (2021).

Kerangka ini bertujuan untuk melihat persoalan sosial keagamaan dalam cara pandang moderasi beragama seperti pelayanan pendidikan keagamaan terhadap difabel, gender, dan pelayanan keagamaan bagi agama leluhur serta menjembatani nalar moderasi beragama  masyarakat.

3) Moderasi  Beragama sebagai nalar  beragama generasi milenial (2022). Tema ini bertujuan untuk mengukur indeks beragama bagi milenial dan implementasi panduan moderasi beragama bagi milenial (action research).

4) Moderasi Beragama sebagai jangkar peradaban berbasis rumah tangga (2023). Tema ini dimaksudkan untuk melihat praktik keluarga Indonesia dalam menjalankan moderasi beragama sebagai salah satu alat ukur keluarga produktif dan sakinah.

5) Evaluasi pembangunan moderasi beragama di Indonesia (2024). Kerangka ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pembangunan moderasi beragama di berbagai kelompok masyarakat. (sta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *