Sun. Nov 29th, 2020

BLAM

KEREN

Pegawai BLAM Jumatan di Kantor

2 min read

Salat Jumat di Mushalla Kantor BLAM, Jumat, 19 Juni 2020. Foto: Subair.

5,047 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Pegawai di lingkungan Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) melaksanakan Salat Jumat di Mushalla Kantor BLAM, Jumat, 19 Juni 2020.

Ini merupakan kali kedua BLAM menggelar Jumatan di kantor, sejak diberlakukannya WFH (Work From Home) dan WFO (Work From Office) di masa pandemik Covid-19. WFH dan WFO mulai diberlakukan awal Juni 2020.

Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si, menyatakan, Salat Jumat di kantor merupakan salah satu upaya BLAM untuk melaksanakan prosedur kesehatan terkait upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Yang melaksanakan Salat Jumat adalah semua pegawai laki-laki, yang kebetulan menjalankan dinas kantor (WFO). Namun, apabila ada pegawai BLAM yang sementara WFH, dan ingin Jumatan di kantor, mereka diperbolehkan juga ikutan.

“Kalau Jumatan di kantor, pikiran kita masih bisa merasa tenang, karena kita sendiri yang mengatur dan mengontrol teman-teman yang akan Salat Jumat. Misalnya, mereka semua diwajibkan bermasker, membawa sajadah sendiri, duduk berjauhan, serta tetap menjaga jarak shaf yang aman,” kata Saprillah.

Saat ini, meski masjid sudah menggelar Jumatan, tetapi belum semua masjid terlihat menjalankan protokoler kesehatan ketat bagi para jamaah. Alhasil, masih kerap ditemui  ada masjid yang belum mewajibkan jamaah bermasker, bawa sajadah sendiri, dan menjaga jarak pada saat duduk dan salat.

Kalau pun ada pengurus masjid yang memberikan imbauan seperti itu (bermasker, bawa sajadah sendiri, dan sebagainya), para jamaah sendiri yang tampaknya belum mematuhi. Ini yang membuat sebagian jamaah masih diliputi kekhawatiran pergi Salat Jumat di masjid.

Pada Jumat kedua di Kantor BLAM, Syamsurijal, M.Si, Peneliti Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, BLAM, bertindak sebagai khatib. Sementara imamnya, adalah Peneliti Bidang Pendidikan Agama dan  Keagamaan, Amiruddin, M.Pd.

Sebelumnya, pada Salat Jumat pertama, Saprillah sebagai khatib, sedangkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BLAM, Nasrun, menjadi imam. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *