Thu. Sep 24th, 2020

BLAM

KEREN

Peneliti Pendidikan Bahas DO Perspektif Tokoh Masyarakat Terhadap Pendidikan Moderasi Beragama

1 min read

Koordinator Penelitian, Dr. Badruzzaman, mengulas DO penelitan tahap kedua. Foto: Asnandar

1,493 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Pendidikan Moderasi Beragama di kalangan tokoh masyarakat menjadi tema penelitian tahap kedua yang akan diangkat Peneliti Bidang Agama dan Layanan Keagamaan Balai Litbang Agama Makassar (BLAM).

Pembahasan desain operasional (DO) dilaksanakan di aula Kantor BLAM, Selasa sore, 15 Juni 2020, pada kegiatan rapat dalam kantor (RDK).

Koordinator Peneliti, Dr. Badruzzaman, menyatakan, penelitian yang mereka lakukan ini adalah untuk menggali gagasan-gagasan atau ide tokoh masyarakat tentang pendidikan moderasi beragama, yang dapat dikembangkan pada pendidikan formal, pendidikan informal, atau pada pendidikan nonformal.

Konsultan Penelitian, Prof. Dr. H. Azhar Arsyad, MA, memberikan catatan terhadap DO penelitian ini.

Menurutnya, saat menuliskan DO, koordinator penelitian sebaiknya memerhatikan beberapa aspek, seperti topik penelitian, background, dan research objective.

“Selain itu, DO penelitian juga harus meliputi relevan studiesliterature review” minimal 1000 kata, concept and relevan theory, dan metode dan teknik pengumpulan data,” ujar mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, ini.

Selain beberapa Peneliti BLAM, peserta yang hadir adalah Kepala Bidang PAI Kanwil Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Muh. Rasbi, Ketua MUI Kota Makassar, Dr. KH. Baharuddin, Perwakilan Dewan Pendidikan Kota Makassar, Dr. Zainuddin, dan Perwakilan Majelis Taklim Al Bahits.

Rencananya, lokasi yang menjadi sasaran penelitian adalah beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, seperti Bone, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Gowa, Parepare, Palopo, Luwu Timur, Takalar, dan Tana Toraja. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *