Wed. Dec 2nd, 2020

BLAM

KEREN

Kisah Kehidupan Ulama Akan Dituangkan dalam Bentuk Cerpen

1 min read

Para peserta serius menyimak pemaparan mengenai kisah ulama. Foto: Dok. BLAM.

1,221 total views, 4 views today

MAKASSAR, BLAM – Tim Bidang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) berencana membuat cerita pendek (cerpen), yang berkisah tentang  perjalanan kehidupan ulama lokal di kawasan Timur Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Muhammad Subair, Koordinator Kegiatan Pengembangan Penyusunan Literatur, di hadapan sejumlah peserta rapat dalam kantor (RDK), di aula Kantor BLAM, Rabu sore, 10 Juni 2020.

Tema yang diangkat Tim Lektur adalah Reproduksi Kisah Ulama Lokal dalam Bentuk Cerita Pendek.

“Kami akan menulis ulang kisah-kisah ulama lokal, terutama lagi, ulama-ulama yang pernah kami teliti sebelumnya,” kata Subair.

Menurut Subair, penulisan kisah ulama yang akan mereka buat ini, tentunya berbeda dengan biografi ulama pada umumnya. Meskipun data mengenai ulama bersangkutan yang diperoleh sama, mereka tetap akan menyajikan dengan cara berbeda.

“Semua ulama yang akan kami tulis ulang ini merupakan hasil riset kami. Tapi, tentunya, kami akan menuliskan dengan bahasa ringan, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak milenial yang menjadi sasaran cerpen, dan bukan dengan gaya seperti menulis laporan penelitian,” ujar Subair.

Salah satu usulan yang mengemuka dari peserta adalah peneliti diminta menuliskan keunikan dan “kelebihan” dari ulama bersangkutan. Misalnya, karamah sang ulama, atau hal-hal kecil yang luput dari pantauan masyarakat, tetapi bermanfaat bagi masyarakat dan negara. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *