Sat. Dec 5th, 2020

BLAM

KEREN

BLAM Tayangkan Program “Pilangngeri” Amanah Selama Ramadan

2 min read

Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si, saat memberikan ceramah agama, pekan lalu. Foto: Dok. BLAM.

3,212 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Di masa-masa “ngantor” di rumah (Work From Home), Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) tak pernah kehabisan akal melakukan terobosan baru. Kali ini, BLAM membuat program baru ceramah agama ramadan.

Selama ini, bila memasuki ramadan, BLAM punya tradisi mengisi waktu bulan suci umat muslim ini dengan mendengarkan ceramah agama, seusai Duhur berjamaah di mushalla kantor. Ceramah ini dibawakan Peneliti BLAM.

Pada ramadan tahun ini, apalagi di masa pandemi corona (Covid-19), yang mengharuskan semua orang menjaga jarak, BLAM tetap menggelar ceramah ramadan. Namanya, “Pilangngeri” Amanah (Ceramah Ramadan dari Rumah).

Bedanya, ceramah agama kali ini menggunakan video conference (vicon), di mana penceramah maupun penonton, sama-sama “nongkrong” dan beraktivitas di rumah masing-masing.

“Ceramah atau kajian agama selama ramadan sudah menjadi tradisi BLAM. Jadi, meskipun saat ini kita tetap di rumah karena adanya wabah Covid 19, aktivitas kita tetap berjalan seperti biasanya. Termasuk, kita tetap melaksanakan kajian agama selama ramadan,” kata Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si.

Menurut Saprillah, ceramah agama ini akan diisi secara bergiliran oleh beberapa Peneliti BLAM. Tema ceramah atau diskusi yang diangkat pun, bisa disesuaikan dengan kondisi aktual, atau berdasarkan bidang kepakaran peneliti bersangkutan.

“Temanya bisa beragam. Tergantung, dari apa yang menjadi daya tarik narasumber,” kata Saprillah.

Selama ramadan, tayangan program “Pilangngeri” Amanah digelar dua kali sepekan, yaitu Rabu dan Jumat, pukul 14.00 Wita, serta menggunakan video conference, dan live zoom.

Hingga memasuki puasa ke-10, BLAM telah dua kali menggelar ceramah agama. Kepala BLAM, Saprillah, mengisi ceramah pembuka pada pekan lalu, 29 April 2020.

Saprillah, yang juga Ketua Lakpesdam Nahdlatul Ulama Sulawesi Selatan ini, mengangkat tema “Ramadan di Tengah Wabah Corona.”

Sedangkan ceramah kedua, Senin, 4 Mei 2020, Peneliti Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Dr. Badruzzaman, mengangkat tema Penyelenggaraan Pendidikan dalam Kebijakan Stay at Home.

Menariknya, ceramah agama ini tidak hanya untuk kalangan internal BLAM. Masyarakat umum pun dapat mengakses dan mengikuti ceramah agama ini, dan kemudian ikut berdiskusi.

“Setelah peneliti selesai berbicara, kita tetap menyediakan ruang untuk berdialog dan mendiskusikan mengenai tema yang dibicarakan oleh narasumber,” kata Saprillah. (ir)

Inilah Narasumber “Pilangngeri” Amanah:

Rabu, 29 April 2020: H. Saprillah, M.Si

Senin, 4 Mei 2020: Dr. Badruzzaman, M.Pd

Rabu, 6 Mei 2020: Dr. Sabara Nuruddin, M. Fhil

Jumat, 8 Mei 2020: Prof. Dr. H. Hamdar Arraiyyah, M.Ag

Rabu, 13 Mei 2020: Prof. Dr. H Abd. Kadir Ahmad, MS

Jumat, 15 Mei 2020: Dr. H. Abd. Kadir Massoweang, M. Ag

Rabu, 20 Mei 2020: Syamsurijal, M.Si

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *