Thu. Sep 24th, 2020

BLAM

KEREN

BLAM Lakukan Penyemprotan Disinfektan

2 min read

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor BLAM, Jumat, 27 Maret 2020. Foto: Nasrun.

4,825 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Untuk mencegah dan menghindari terjadinya penyebaran virus Corona (Covid-19), Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) tidak hanya “merumahkan” (Work From Home) seluruh ASN dan non ASN. BLAM juga melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan kantor pada setiap lantai, dan tempat-tempat lainnya.

Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si, ditemani beberapa pegawai BLAM, menyaksikan langsung aksi penyemprotan disinfektan yang dilakukan petugas khusus, di Kantor BLAM, Jumat pagi, 27 Maret 2020.

“Penyemprotan disinfektan ini sebagai salah satu upaya BLAM untuk mencegah dan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, termasuk kekhawatiran terhadap mewabahnya kuman, bakteri, dan virus,” kata Saprillah.

Berdasarkan sejumlah literatur, disinfektan adalah cairan pembersih, yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol.

Salah satu fungsi penyemprotan disinfektan adalah untuk membunuh bakteri, kuman, virus, dan mikroorganisme berbahaya lainnya, yang terdapat pada ruangan, atau permukaan benda-benda yang paling sering disentuh orang banyak, seperti meja, kursi, gagang pintu, keran wastafel, dan lemari.

Bakteri, kuman, virus, dan mikroorganisme, berbahaya bila dihirup atau disentuh manusia.

“Pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan perlindungan dan pencegahan agar tak tertular virus Covid-19. Yang kami lakukan ini (penyemprotan disinfektan) adalah mensterilkan lingkungan kantor dengan membersihkan berbagai perabotan, dan lokasi yang sering diakses oleh seluruh pegawai,” kata Saprillah.

Saat penyemprotan berlangsung, tidak ada aktivitas apapun di BLAM. Sejak 23 hingga 31 Maret 2020, Saprillah sudah menginstruksikan seluruh ASN dan non ASN melakukan kegiatan WFH.

Hanya saja, belum bisa dipastikan apakah nanti tetap berkantor pada 1 April 2020 ataukah tidak. Sebab, semuanya masih menunggu tentang perkembangan kondisi terakhir virus Covid-19.

Yang jelas, selama “ngantor” di rumah, orang nomor satu BLAM ini, tetap meminta seluruh ASN dan non ASN BLAM untuk melakukan social distancing, serta mematuhi standar operasional prosedur (SOP) terkait upaya pencegahan virus Covid-19.

Bukan itu saja. Saprillah juga meminta “anak buahnya” mengerjakan tugas-tugas kantor seperti biasa, dan berharap mereka menghasilkan hal-hal produktif selama WFH.

“Mudah-mudahan ketika masuk kantor nanti tanggal 1 April 2020, semua ruangan dan kantor sudah dalam keadaan steril. Sekarang ini, selamat bekerja di rumah masing-masing,” tambah Kasub Tata Usaha BLAM, Ilham, M.Si. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *