Tue. Mar 31st, 2020

BLAM

KEREN

Prof Hamdar Membimbing Peneliti di Manado

1 min read

Prof. Dr. H. Hamdar Arraiyyah (kanan) membimbing tiga peneliti BLAM di Manado. Foto: Dok. BLAM.

2,529 total views, 6 views today

MANADO, BLAM – Prof. Dr. H. Hamdar Arraiyyah melawat ke Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat, 28 Februari 2020.

Selama lima hari, Peneliti Ahli Utama Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) itu, akan melaksanakan pembimbingan kepada peneliti yang riset di daerah tersebut. Mereka adalah Abu Muslim, Muh. Irfan Syuhudi, dan Khaerun Nisa’.

Saat ini, tiga peneliti yang berasal dari bidang penelitian berbeda itu, tengah melakukan penelitian dengan judul berbeda.

Abu Muslim, dari Bidang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, misalnya, meneliti “Moderasi Beragama dalam Kearifan Lokal Masyarakat” di Kota Kotamobagu; Muh. Irfan Syuhudi, dari Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, meneliti “Media Online dan Pembentukan Pemahaman Keagamaan Siswa Madrasah Aliyah di Kota Manado.”

Sementara Khaerun Nisa’, dari Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan, meneliti “Pemahaman Kebhinnekaan Peserta Didik Madrasah di Kota Manado.”

Khaerun Nisa’, yang menyasar MAN Model 1 Manado dan MAK Madani Manado, mengemukakan, pemahaman kebhinnekaan anak-anak madrasah aliyah tergolong bagus. Begitupula, relasi sosial mereka dengan teman-teman di luar sekolah yang berbeda agama, juga tampak bagus.

Nisa’ juga menyatakan, untuk mengetahui dan memahami perspektif kebhinnekaan, ia mengumpulkan data melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan anak-anak MAN Model 1 Manado dan MAK Madani.

Menurut Prof Hamdar, data yang diperoleh Nisa sudah memadai. Hanya saja, masih perlu lagi didalami mengenai, antara lain, keragaman etnis setiap informan. Termasuk, alasan mereka memilih bersekolah di madrasah aliyah ketimbang sekolah umum, serta sejarah keberadaan madrasah aliyah di Manado. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *