Sat. Sep 19th, 2020

BLAM

KEREN

BLAM Rancang Delapan Tema Penelitian dan Empat Kegiatan Pengembangan

1 min read

Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si, memimpin rapat di ruang kerjanya, Kamis, 13 Februari 2020. Foto: Dok. BLAM

2,542 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Beberapa jam setelah pemilihan Agen Perubahan selesai, Kepala Balai Litbang Agama Makassar (BLAM), H. Saprillah, M.Si, langsung menggelar rapat khusus di ruang kerjanya, Kamis siang, 13 Februari 2020.

Orang nomor satu BLAM ini memanggil masing-masing Koordinator Bidang Penelitian, Agen Perubahan, Kasubag Tata Usaha, Kepala Urusan Keuangan, dan Fungsioanl Perencana, untuk mendiskusikan, sekaligus membahas program kegiatan kelitbangan yang bakal menjadi skala prioritas kerja 2021.

“Kami mesti bergerak cepat untuk segera mematangkan beberapa program kerja kelitbangan tahun 2021. Termasuk, membahas mengenai tema-tema penelitian dan kegiatan pengembangan yang akan kita lakukan tahun depan (2021),” kata Saprillah.

Pada rapat ini, tiga bidang penelitian mengusulkan beberapa tema penelitian dan kegiatan pengembangan yang mereka rencanakan. Tentunya, tema-tema penelitian yang diangkat ini tetap mengacu pada skala prioritas Menteri Agama.

Beberapa usulan tema penelitian BLAM 2021 adalah Respon Siswa terhadap Radikalisme; Integritas Kebangsaan Aparatur Sipil Negara; dan Pelayanan Haji Berkebutuhan Khusus (Lansia dan Disabilitas).

Juga diusulkan, Best Practice Pendirian Rumah Ibadat Berbasis Kearifan Lokal; Moderasi Beragama Berbasis Manuskrip; Sejarah dan Bentuk Arsitektur Gereja Katolik; Filantropi Zakat di Bazda; dan Tionghoa Muslim.

Sementara kegiatan pengembangan 2021 adalah Pembuatan Data Layanan Kelompok/Aliran Keagamaan; Pembuatan Film Kerukunan; Katalog; dan Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal.

“Saya berharap, kegiatan pengembangan yang akan kita lakukan tahun 2021 lebih bersifat inovatif,” imbuh Saprillah.

Rapat ini juga membahas beberapa rencana kegiatan penting, antara lain, seminar international yang dijadwalkan Juli 2020, academik writing, penerbitan buku, serta launching diskusi ilmiah bernama “BLAM Corner.” (sta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *