Sat. Dec 5th, 2020

BLAM

KEREN

Baso Marannu “Oppo” Jadi Agen Perubahan BLAM

2 min read

Agen Perubahan BLAM terpilih, Baso Marannu (tengah), bersama dua kandidat lainnya, Abu Muslim dan Syamsurijal. Foto: M. Irfan

1,826 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Baso Marannu kembali “oppo” atau terpilih lagi, menjadi Agen Perubahan Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) periode 2020-2021.

Dengan begitu, peneliti yang bergelut di Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan ini, mempertahankan posisi yang telah diembannya sejak 2018 lalu.

Didampingi Kepala Subbagian Tata Usaha BLAM, Ilham, Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si, memimpin jalannya sidang pemilihan Agen Perubahan, yang berlangsung di Aula Kantor BLAM, Kamis pagi, 13 Februari 2020.

Jalannya pemilihan berlangsung alot, seru, dan penuh canda tawa. Bahkan, seringkali disertai teriakan-teriakan dan gemuruh tepuk tangan dari masing-masing pendukung calon kandidat. Suasana makin seru, karena pemilihan dilakukan dua putaran.

Maka, untuk mengerucutkan satu nama, Kepala BLAM, Saprillah, yang memimpin proses pemilihan suara, memberi kesempatan sekali lagi kepada para pemilih untuk memilih satu dari tiga nama. Nantinya, nama dengan perolehan suara terbanyak itulah, yang akan menjadi Agen Perubahan BLAM.

Pada putaran pertama berlangsung, hampir semua nama-nama peneliti dan pegawai BLAM,  masuk ke dalam bursa calon kandidat. Hal ini menunjukkan, semua peneliti dan pegawai berpeluang untuk menempati posisi tersebut.

Namun, dari 51 suara pemilih, tiga nama yang akhirnya terlihat saling kejar-kejaran dan leading. Tiga nama tersebut adalah Baso Marannu (35 suara), Abu Muslim (32 suara), dan Syamsurijal (26 suara). Mereka semuanya Peneliti BLAM.

Pada putaran kedua berjalan, tiga nama ini kembali saling kejar mengejar di white board. Suasana di dalam persidangan kembali bergemuruh.

Suara tepuk tangan berkali-kali terdengar dari masing-masing pendukung kandidat saat perhitungan suara berlangsung, meski selalu diselingi canda tawa. Teriakan yel-yel juga tak henti-hentinya terdengar, apabila nama sang jagoannya disebutkan.

Setelah satu jam pemilihan dan perhitungan suara berlangsung, Baso Marannu akhirnya terpilih kembali menjadi Agen Perubahan BLAM dengan meraup 20 suara. Baso hanya unggul satu suara dari Abu Muslim, yang mengumpulkan 19 suara. Sementara Syamsurijal memperoleh 12 suara.

Saprillah menyatakan, proses pemilihan Agen Perubahan BLAM berlangsung demokratis. Semua orang berhak memilih dan menentukan pilihannya masing-masing.

Hanya saja, selain dirinya dan Kasubag TU tidak ikut memilih, semua Peneliti Ahli Utama, juga tidak hadir saat pemilihan. Saat ini, peneliti senior itu berada di lokasi penelitian untuk melakukan riset.

“Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Pak Baso Marannu sebagai Agen Perubahan BLAM, atau saya lebih senang menyebutnya Agen Inovasi. Semoga kita semua bisa semakin bersinergi di tahun-tahun mendatang,” ujar Saprillah.

Selanjutnya, seusai pemilihan ini, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI akan membuatkan Surat Keputusan untuk semua Agen Perubahan terpilih di lingkungan Badan Litbang dan Diklat. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *