Fri. Sep 25th, 2020

BLAM

KEREN

Pendaftaran Ditutup, Pelamar CPNS di BLAM 762 Orang

3 min read

Salah seorang Panitia Penerimaan CPNS di BLAM, Syamsuddin.

3,722 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Sejak Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui online pada 15 November 2019, pelamar yang berminat menjadi bagian dari BLAM, langsung membludak.

Hingga pendaftaran ditutup 30 November 2019 pukul 20.00 Wita, total yang mengajukan lamaran mencapai 762 orang.

Dalam torehan sejarah pendaftaran CPNS di BLAM pada tahun-tahun sebelumnya, tahun inilah yang tercatat paling banyak.

Dari lima formasi CPNS yang dibuka, formasi Ahli Pertama Pranata Hubungan Masyarakat, terlihat paling banyak peminatnya, yaitu 290 pelamar. Formasi terbanyak kedua adalah Ahli Pertama Statistika, 169 pelamar.

Sementara formasi lainnya, yaitu masing-masing Ahli Pertama Analis Kebijakan, 122 pelamar, Ahli Pertama Peneliti, 103 pelamar, dan Ahli Pertama Pranata Komputer, 78 pelamar.

“Terhitung sejak dua hari pendaftaran dibuka, pelamar langsung mencapai seratusan orang dari lima formasi. Dan, hingga pendaftaran ditutup 30 November 2019 jam 20.00 Wita, pendaftar CPNS di BLAM tercatat 762 orang,” kata Panitia Penerimaan CPNS BLAM, Syamsuddin, Sabtu malam, 30 November 2019.

Untuk 2019, BLAM akan merekrut sembilan CPNS dari lima formasi yang disediakan. Dari lima formasi tersebut, empat di antaranya diplot menempati posisi peneliti.

Sementara formasi lain adalah Ahli Pertama Analis Kebijakan (dua orang), Ahli Pertama Pranata Hubungan Masyarakat (satu orang), Ahli Pertama Pranata Komputer (satu orang), dan Ahli Pertama Statistika (satu orang).

Dari semua formasi tersebut, posisi Ahli Pertama Peneliti mengharuskan pelamar mengantongi ijazah Magister (S2). Sedangkan empat formasi lainnya, “cukup” memiliki ijazah Sarjana (S1).

Untuk posisi Peneliti BLAM, jurusan yang diterima adalah Magister (S2) Bahasa dan Sastra Indonesia; Bahasa dan Sastra Inggris; Tafsir Hadist; Sejarah; Arkeologi; Antropologi; Manajemen Pendidikan; dan Filologi.

Untuk Ahli Pertama Analis Kebijakan, jurusan yang diterima adalah Sarjana (S1) Ilmu Hukum; Manajemen SDM; Administrasi Publik; Sosial Politik; Ilmu Pemerintahan; Hukum Syariah; dan Ushuluddin.

Kemudian, Jurusan Ahli Pertama Pranata Hubungan Masyarakat adalah Sarjana (S1) Hubungan Masyarakat; Ilmu Komunikasi; Komunikasi dan Penyiaran Islam; Pendidikan Bahasa Inggris; Pendidikan Bahasa Arab; dan Pendidikan Bimbingan dan Konseling.

Lalu, untuk Ahli Pertama Pranata Komputer, mereka yang diterima adalah Sarjana (S1) Sistem Informasi; Manajemen Informatika; Teknik Informatika; Desain Grafis; Komputer Programmer; dan Teknik Komputer Jaringan.

Terakhir, Jurusan Ahli Pertama Statistika adalah Sarjana (S1) Statistika; Matematika; Statistik; dan Pendidikan Matematika.

“Pengumuman hasil seleksi administrasi (berkas) akan dilakukan 10 Desember 2019. Untuk mengetahui apakah mereka dinyatakan lolos tahap pemberkasan atau tidak, pelamar bisa mengecek langsung ke akunnya masing-masing. Setelah itu, keesokan harinya, ada yang namanya “Masa Sanggah”, yang dimulai 11 hingga 13 Desember 2019,” kata Syamsuddin.

“Untuk lebih lengkapnya, silakan melihat sendiri di website Kementerian Agama, yaitu http://kemenag.go.id tentang “tatacara pendaftaran online dan formasi rinci cpns kementerian agama tahun 2019,” lanjut Syamsuddin.

Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si, mengaku sempat terkejut mengetahui jumlah pelamar CPNS di BLAM. Memang, formasi CPNS yang akan diterima di kantor beralamat di A.P. Pettarani Nomor 72, Makassar, untuk 2019 ini terlihat lebih banyak, dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Lima formasi CPNS tersebut merupakan usulan BLAM, yang kemudian mendapat respon dan persetujuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Boleh jadi, membludaknya jumlah pelamar disebabkan oleh jurusan yang bakal diterima di setiap formasi cukup bervariasi. Dalam satu formasi, misalnya, ada banyak jurusan yang bersaing di situ.

Pada 2018, BLAM “hanya” membuka lowongan untuk formasi peneliti. Padahal, BLAM juga mengusulkan beberapa formasi lain. Kuota yang diterima pada 2018 adalah dua peneliti, sedangkan yang mengajukan lamaran empat orang. Saat itu, jurusan yang diterima adalah Magister (S2) Sastra Arab dan Statistik.

“Kami tentu sangat berharap, produk-produk hasil riset dan kegiatan pengembangan BLAM bisa semakin baik lagi dan makin berkualitas dengan kehadiran CPNS ini,” imbuh Saprillah. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *