Mon. Jul 13th, 2020

BLAM

KEREN

BLAM Akan Rekrut Sembilan CPNS, Empat di Antaranya Peneliti

2 min read

Inilah Kantor Balai Litbang Agama Makassar. Foto: Dok. BLAM

3,975 total views, 6 views today

MAKASSAR, BLAM – Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) akan merekrut sembilan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2019.

Sebanyak sembilan CPNS tersebut akan ditempatkan pada lima formasi berbeda, yaitu Ahli Pertama Peneliti sebanyak empat orang, Ahli Pertama Analis Kebijakan (dua orang), Ahli Pertama Pranata Hubungan Masyarakat (satu orang), Ahli Pertama Pranata Komputer (satu orang), dan Ahli Pertama Statistika (satu orang).

Dari semua formasi tersebut, hanya Ahli Pertama Peneliti yang mengharuskan pelamar mengantongi ijazah Magister (S2). Sedangkan empat formasi lainnya, “cukup” memiliki ijazah Sarjana (S1).

Menariknya, dari setiap formasi yang akan diterima ini, ternyata tidak ada yang didominasi oleh satu jurusan, melainkan dari berbagai jurusan. Formasi Ahli Pertama Peneliti, misalnya.

Jurusan yang diterima untuk menjadi Peneliti BLAM adalah Magister (S2) Bahasa dan Sastra Indonesia; Bahasa dan Sastra Inggris; Tafsir Hadist; Sejarah; Arkeologi; Antropologi; Manajemen Pendidikan; dan Filologi. Untuk formasi Peneliti BLAM, sebanyak empat orang yang akan direkrut.

Selanjutnya, untuk Jurusan Ahli Pertama Analis Kebijakan adalah Sarjana (S1) Ilmu Hukum; Manajemen SDM; Administrasi Publik; Sosial Politik; Ilmu Pemerintahan; Hukum Syariah; dan Ushuluddin. Untuk formasi ini direkrut dua orang.

Lalu, Jurusan Ahli Pertama Pranata Hubungan Masyarakat adalah Sarjana (S1) Hubungan Masyarakat; Ilmu Komunikasi; Komunikasi dan Penyiaran Islam; Pendidikan Bahasa Inggris; Pendidikan Bahasa Arab; dan Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Untuk formasi ini diterima satu orang.

Kemudian, untuk Jurusan Ahli Pertama Pranata Komputer adalah Sarjana (S1) Sistem Informasi; Manajemen Informatika; Teknik Informatika; Desain Grafis; Komputer Programmer; dan Teknik Komputer Jaringan. Untuk formasi ini direkrut satu orang.

Terakhir, Jurusan Ahli Pertama Statistika adalah Sarjana (S1) Statistika; Matematika; Statistik; dan Pendidikan Matematika. Dan, untuk formasi ini diambil satu orang.

Panitia Penerimaan CPNS BLAM, Syamsuddin, menyatakan, Kementerian Agama mengeluarkan pengumuman resmi terkait penerimaan CPNS tahun 2019 terhitung sejak 11 November 2019.

“Pendaftaran CPNS Kementerian Agama dilakukan secara online, dan dimulai pada 15 November 2019 hingga 29 November 2019. Sementara hasil seleksi administrasi diumumkan 10 Desember 2109. Untuk lebih lengkapnya, silakan pelamar melihat sendiri di website Kementerian Agama, yaitu http://kemenag.go.id tentang “tatacara pendaftaran online dan formasi rinci cpns kementerian agama tahun 2019,” kata Syamsuddin, Ahad, 17 November 2019.

Kepala BLAM, H. Saprillah, M. Si, mengaku bersyukur lantaran semua formasi yang BLAM usulkan mendapat respon dan diterima oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Saya tidak menduga seluruh usulan kita untuk formasi CPNS tahun ini (2019) diloloskan oleh Kemenpan RB. Alhamdulillah, kita patut bersyukur, karena semua formasi itu sesuai dengan yang kita usulkan,” kata Saprillah.

Saprillah berharap, dengan formasi CPNS baru itu, produk-produk hasil riset dan kegiatan pengembangan dari lembaga yang dipimpinnya bisa semakin baik lagi dan berkualitas di masa mendatang.

“Ada beberapa tenaga yang memang sangat kita butuhkan dari formasi CPNS baru ini. Karena itu, saya berharap formasi CPNS baru ini bisa semakin memperkuat produksi hasil riset dan kegiatan pengembangan BLAM,” kata pria berusia 42, ini. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *