Mon. Jul 13th, 2020

BLAM

KEREN

Percepat Laporan dan Realisasi, BLAM Ringkas Tahapan Rangkaian Penelitian dan Workshop

2 min read

Penyusunan Kerangka Acuan Kerja dan Penyusunan ToR BLAM untuk 2020. Foto: Arie

958 total views, 4 views today

MAKASSAR, BLAM – Adanya pemangkasan anggaran 2020, ternyata berdampak juga terhadap tahapan rangkaian kegiatan penelitian dan pengembangan (workshop) Balai Litbang Agama Makassar (BLAM). Dengan pemangkasan anggaran tersebut, tahapan rangkaian pada penelitian dan kegiatan pengembangan untuk tahun 2020, ikut pula diringkas.

“Sebenarnya, anggaran untuk tahapan rangkaian kegiatan penelitian dan pengembangan tidak mengalami pemotongan. Tahapan rangkaiannya saja yang diubah, dan kemudian diringkas untuk mempercepat pelaporan dan mempercepat realisasi,” tutur Zakia, Perencana Pertama Balai Litbang Agama Makassar (BLAM), saat memaparkan tahapan rangkaian penelitian dan pengembangan BLAM untuk tahun 2020, di depan sejumlah peneliti dan pegawai, Jumat, 6 September 2019.

Selama dua hari, 5-6 September 2019, BLAM menggelar Workshop Penyusunan Kerangka Acuan Kerja dan Term of Reference (ToR) Program Kelitbangan tahun anggaran 2020, di Hotel Claro Makassar.

Bila tahapan rangkaian riset lapangan pada 2019 dilakukan sebanyak 11 kali, maka tahun depan (2020) bakal berubah, dan tinggal menyisakan empat tahapan saja. Begitupula kegiatan pengembangan, yang berubah menjadi tiga tahapan.

Empat tahapan rangkaian penelitian BLAM pada 2020 adalah:

(1) Persiapan Kegiatan Penelitian yang terdiri atas rapat persiapan atau focus group discussion, penyusunan dan pembahasan desain operasional dan Instrumen Pengumpulan Data (IPD), uji coba IPD/penjajakan lapangan, dan pembahasan hasil penjajakan lapangan;

(2) Pengumpulan Data Lapangan terdiri atas pembekalan/coaching, pengumpulan data lapangan, dan monitoring/spot check pengumpulan data;

(3) Penyusunan Hasil Penelitian terdiri atas pengolahan data lapangan, pra-seminar/review draft hasil penelitian, dan seminar hasil penelitian;

(4) Pelaporan Hasil Penelitian terdiri atas penyusunan atau pembahasan executive summary dan policy brief/policy paper, dan penggandaan laporan kegiatan penelitian.

 Sedangkan untuk tahapan rangkaian kegiatan pengembangan pada 2020 adalah, sebagai berikut:

(1) Persiapan kegiatan dari rapat persiapan dan pengumpulan literatur;

(2) Penyusunan yang meliputi penyusunan draft awal, pembahasan draft awal, dan pembahasan draft final;

(3) Pelaporan Hasil Pengembangan terdiri atas penyusunan/pembahasan executive summary, policiy brief/policy paper produk pengembangan (naskah akademik, draft rancangan undang-undang, model, pedoman, modul, monografi, ensiklopedia, bahan bacaan keagamaan, master copy mushaf, dokumen pemikiran ulama, dan laporan kegiatan pengembangan.

“Jadi, pada intinya, item tahapan rangkaiannya sama saja. Cuma, kali ini ia digabung dan disatukan supaya bisa mempercepat pelaporan dan realisasi,” kata Zakia lagi.

Setelah pemaparan tahapan rangkaian penelitian dan pengembangan, kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan tema-tema riset dan pengembangan untuk 2020, hingga siang hari. Seusai Shalat Jumat, peneliti kembali mendiskusikan kerangka acuan kerja, sekaligus membuat Term or Reference untuk kegiatan penelitian dan pengembangan 2020, sampai sore hari. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *