Sun. Nov 29th, 2020

BLAM

KEREN

3-4 September, BLAM Gelar Seminar Akhir

2 min read

Kasubag Tata Usaha BLAM, Ilham, M.Si, menggelar rapat pemantapan panitia seminar akhir. Foto: Fauzan

1,059 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) akan menggelar Seminar Akhir (desiminasi) tahap kedua selama dua hari, 3 – 4 September 2019. Seminar penelitian yang merupakan kegiatan pamungkas para peneliti BLAM ini, akan dilaksanakan di Hotel Claro Makassar.

Untuk memantapkan pelaksanaan Seminar Akhir, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BLAM, Ilham, M.Si, memimpin rapat, sekaligus memberikan pengarahan, dengan menghadirkan seluruh panitia pelaksana yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Saya berharap seluruh panitia menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan, seperti printer, kertas, biodata peserta, dan sebagainya. Saya tidak menginginkan ada di antara panitia saling meminjam barang-barang, karena hal itu bisa mengganggu pekerjaan panitia lain,” kata Ilham, di aula lantai tiga Kantor BLAM, Senin pagi, 2 September 2019.

Ilham juga meminta seluruh panitia untuk datang ke Hotel Claro Makassar lebih awal dari peserta lain, supaya absensi tidak terganggu. Foto-foto serta dokumentasi lainnya diharapkan juga sudah terkumpul tiga hari setelah kegiatan selesai.

“Sedangkan konfirmasi kehadiran peserta hanya sampai pukul 10.00 pagi. Di atas pukul begitu, peserta dinyatakan berhalangan hadir,” tutur Ilham. Seminar Akhir sendiri dimulai pukul 08.30 Wita.

Peserta dari luar adalah mereka yang berasal dari luar BLAM, yang diundang sesuai tema-tema penelitian. Mereka biasanya berlatarbelakang dosen/akademisi, tenaga pendidik, aktivis, serta stakeholder dari Kementerian Agama Kota Makassar dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Seminar Akhir penelitian tahap kedua ini akan menampilkan dua judul penelitian dari masing-masing bidang penelitian. Bidang Lektur Khasanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, misalnya, akan mempresentasikan penelitian “Konten Khutbah Jumat di Perkotaan” dan “Moderasi Beragama dalam Tradisi Lisan di Kawasan Timur Indonesia”.

Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan akan menyajikan “Implementasi Pengangkatan Guru Agama di Sekolah Umum” dan “Pengelolaan dan Pemberdayaan Guru Non ASN di Madrasah di Kawasan Timur Indonesia”.

Sedangkan Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan akan mempresentasikan “Efektivitas Pelayanan Haji pada Kementerian Agama di Kawasan Timur Indonesia” dan “Dinamika Kebangsaan dan Paham Keagamaan pada Masyarakat Perbatasan”. (zan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *