Sat. Apr 4th, 2020

BLAM

KEREN

Lektur BLAM – Sosiologi Unismuh Teken MoU

2 min read

Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si, menandatangani MoU dengan Prodi Sosiologi Unismuh Makassar. Foto: Fauzan

924 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman, atau Memorandum of Understanding (MoU), dengan pihak kampus.

Kali ini, Bidang Penelitian Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi BLAM, akan melakukan kerjasama dengan Program Studi (Prodi) Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Penandantanganan MoU dilakukan Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si, dengan Ketua Prodi Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, H. Nurdin, M.Pd, di aula lantai tiga Kantor BLAM, Senin pagi, 19 Agustus 2019.

Penandatanganan tersebut disaksikan pula Koordinator Bidang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, Abu Muslim, MH.I, serta Kepala Urusan Ortala dan Kepegawaian BLAM, H Nazaruddin.

Kepala BLAM, Saprillah, menyambut baik kerjasama ini sebagai bentuk keterpakaian hasil kelitbangan yang menjadi konsen Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan, yang secara sosiologis bermanfaat bagi kalangan akademisi dan masyarakat.

Perguruan Tinggi, kata Saprillah, sebagai salah satu stakeholder utama produk kelitbangan juga adalah user, sekaligus mitra riset, yang sewaktu-waktu dapat berkolaborasi dan bekerjasama satu sama lain.

“Karena itu, kami tentu berharap, kerajsama ini tidak hanya berhenti pada tataran penandatanganan dokumen, tetapi juga hasil-hasil kelitbangan dapat diartikulasikan dalam media pembelajaran di kelas,” ujar Pepi, sapaan akrab Saprillah.

Yang tak kalah penting, kata Pepi, perjanjian kerjasama ini membuka peluang untuk menerapkan program moving class, dengan mengajak para mahasiswa, khususnya jurusan Sosiologi, untuk dapat belajar bersama dengan para peneliti BLAM.

“Tidak menutup kemungkinan, riset kolaboratif bisa digagas dalam rangka perluasan program kerjasama dua lembaga sebagai evident bersama,” kata Pepi.

Ketua Prodi Sosiologi Unismuh Makassar, H. Nurdin, M.Pd, mengaku tertarik melakukan kerjasama setelah melihat beberapa penelitian yang telah dihasilkan Bidang Lektur BLAM.

“Setelah membaca dan melihat produk penelitian Litbang Agama Makassar, pada prinsipnya sangat menyentuh wilayah pengembangan sistem pendidikan dan pengajaran, khususnya mata kuliah sosiologi dan budaya. Ini juga dapat memperkaya khazanah keilmuan kami di kampus, sekaligus sebagai mitra riset dan pengembangan satu sama lain,” kata Nurdin.

Selain itu, kata Nurdin, kerjasama antarlembaga riset merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerjasama Bidang Lektur dengan Prodi Sosiologi ini meliputi pemanfaatan hasil penelitian yang telah dihasilkan peneliti Lektur. Yaitu, Budaya Keagamaan dalam Tradisi Masyarakat; Peran Migran Bugis dalam Pengembangan Pendidikan Keagamaan; Moderasi Beragama dalam Tradisi Lisan Masyarakat; Kajian Konten Khutbah Jumat.

Juga, Pengembangan riset Transliterasi dan Terjemahan Naskah Klasik Keagamaan; Pengembangan riset Aksara Lontara, dan Pengembangan Penerjemahan Alquran dalam Bahasa Daerah. (al)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *