Thu. Sep 24th, 2020

BLAM

KEREN

Peneliti BLAM – Akademisi Bahas Draft Bahan Bacaan Pendidikan Agama

2 min read

Koordinator kegiatan, Rosdiana, menjelaskan tujuan diadakan pembuatan bahan bacaan. Foto: Dok. Pribadi

867 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Peneliti Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) membahas draft awal untuk Bahan Bacaan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum.

Selama tiga hari, 14-16 Agustus 2019, di Hotel Aryaduta Makassar, peneliti BLAM mendiskusikan pembuatan draft awal ini, bersama sejumlah dosen perguruan tinggi umum di Kawasan Timur Indonesia.

Kepala SubBag Tata Usaha BLAM, Ilham, M.Si, dalam sambutannya, mengharapkan, bahan bacaan sudah siap dimanfaatkan setelah kegiatan ini terlaksana. Sebab, kata dia, kegiatan kelitbangan BLAM harus menghasilkan outcome agar jelas pemanfaatannya. Salah satunya, kegiatan yang dilaksanakan sekarang ini.

“Kami berharap bahan bacaan ini kelak tidak hanya dipakai oleh para akademisi, tetapi juga berimbas pada penguatan pemahaman dan pengetahuan agama mahasiswa. PAI merupakan mata kuliah umum yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Dengan adanya bahan bacaan ini, para dosen diharapkan memiliki improvisasi dan keberagaman bahan ajar PAI untuk mahasiswa,” jelas Ilham.

Koordinator kegiatan, Rosdiana Muas, M.Pd, memberikan gambaran umum pelaksanaan kegitatan, tujuan, dan output yang akan dicapai. Tulisan yang menjadi pokok bahasan diperiksa (proofreading) melalui aplikasi digital. Salah satunya, pengecekan plagiasi secara digital dengan turnitin.

“Dari hasil pengecekan, ditemukan tulisan yang masih mengandung unsur plagiasi, meskipun masih dalam batas kewajaran,” ujar Rosdiana.

Dr. H. Idham, salah satu tim pengendali mutu kelitbangan, yang menggagas kegiatan ini,  menjelaskan, kegiatan ini merupakan rekomendasi hasil penelitian BLAM, yang menemukan, tidak ada buku pegangan mata kuliah PAI yang dipakai secara bersama di Perguruan Tinggi Umum di Kawasan Indonesia Timur.

“Hasil dan pemanfaatan bahan bacaan ini digunakan oleh bapak dan ibu selaku akademisi. Karena itu, silakan mengkritisi sendiri substansi bahan bacaaan, termasuk bagaimana cara mensitasi kutipan agar tidak terdeteksi di turnitin sebagai plagiasi.” kata salah satu aksesor jurnal nasional ini.

Saat berita ini dimuat, peserta tengah mempresentasikan draft bahan bacaan yang telah disusun pada kegiatan ini. Setelah itu, peserta kemudian memberi masukan terhadap hasil presentasi tersebut.

Pokok bahan bacaan draff bahan bacaan itu berisi Konsep Tentang Aqidah, Konsep Dasar Ekonomi Islam, Kebudayaan Islam, Akhlak dalam Islam, Konsep Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Sains, Politik dalam Islam, Kerukunan dan Pluralisme, Konsep Manusia dalam Perspektif Islam, dan Hukum Islam.

 Selain peneliti Bidang Pendidikan BLAM, dosen PAI yang ikut terlibat adalah dosen Universitas Negeri Gorontao, Universitas Negeri Mulawarman, Universitas Negeri Sam Ratulangi, Universitas Sawerigading Makassar, Universitas Negeri Halu Oleo, Universitas Negeri Tadulako, dan Politeknik Ujungpandang.

Selain itu, ada juga dosen Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Negeri Makassar, Universitas Muslim Indonesia, STIE Tri Darma Makassar, Universitas Pejuang Republik Indonesia, Universitas Islam Makassar, Universitas Bosowa, STITEK Balikdiwa Makassar, STKIP YPUP, dan Universitas Fajar. (dal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *