Sat. Apr 4th, 2020

BLAM

KEREN

Ini Buku Terbitan BLAM 2019

1 min read

Buku terbitan BLAM 2019

841 total views, 2 views today

MAKASSR, BLAM – Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) kembali menerbitkan buku hasil penelitian lapangan para penelitinya.

Untuk tahun ini, 2019, BLAM menerbitkan delapan buku, yang merupakan karya individual maupun gabungan tulisan (bunga rampai) peneliti. Penerbitan buku ini juga sekaligus untuk menebarkan moderasi beragama dalam kehidupan masyarakat yang diusung kementerian agama sebagai induk BLAM.

“Salah satu output peneliti adalah menghasilkan laporan penelitian, yang merupakan bentuk pertanggungjawaban administratif peneliti kepada negara. Tapi, menerbitkan buku juga menjadi salah satu produk dan output kami untuk menebarkan gagasan-gagasan intelektual,” kata Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si.

Hanya saja, kata Saprillah, tidak semua laporan penelitian yang dihasilkan peneliti dapat diterbitkan menjadi buku. Tentunya, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh peneliti. Antara lain, isu yang diangkat harus menarik dan faktual.

“Kalau misalnya laporannya dianggap layak untuk diterbitkan (menjadi buku), penelitinya harus mengolah ulang lagi data-data yang mereka dapatkan di lapangan. Setidaknya, mereka menambahi beberapa referensi yang lebih tepat sesuai hasil diskusi internal tim, serta memperkuat lagi analisis temuan lapangannya,” kata Saprillah.

Setelah diterbitkan, buku-buku tersebut nantinya diberikan kepada beberapa instansi di wilayah kerja BLAM di Kawasan Timur Indonesia, kalangan akademisi, peneliti, dan aktivis, yang tertarik dengan isu-isu keagamaan, budaya, dan sosial kemasyarakatan.

“Kami tentu berharap semua produk penelitian kami berupa jurnal, buku, modul, dan sebagainya, dapat bermanfaat dan digunakan oleh kalangan akademik dan masyarakat umum,” lanjut saprillah. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *