Thu. Sep 24th, 2020

BLAM

KEREN

Peneliti Lektur Siap Luncurkan Komik Aksara Lontara

1 min read

Suasana kegiatan workshop pembahasan komik aksara lontara, di kantor BLAM. Foto: Risal

1,009 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Peneliti Bidang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Balai Litbang Agama Makassar (BLAM) siap meluncurkan komik aksara lontara cerita bergambar, dalam waktu dekat ini. Proses pengerjaannya sudah memasuki tahap penyelesaian akhir.

“Beberapa narasi cerita berisikan muatan lokal. Cerita tentang perkembangan Islam di Sulawesi Selatan sudah rampung sekitar 80 persen. Adapun judul cerita bergambar ini belum bisa kami publikasikan, supaya bisa surprise. Insya Allah sebelum akhir tahun ini (2019) semuanya kelar,” kata Husnul Fahimah, Koordinator Workshop, Kamis sore, 1 Agustus 2019.

Kegiatan workshop ini merupakan lanjutan tahap kedua. Tim Peneliti Lektur sebelumnya telah membahas, sekaligus menggodok apa yang mereka temukan selama lima hari mencari bahan literarur di lapangan.

Setelah balik dari lapangan, Tim Lektur kemudian membahas temuan-temuan mereka yang bisa dimasukkan ke dalam narasi komik aksara lontara. Jadi, perbincangan pada workshop ini adalah, ingin mengetahui kelanjutan dan perkembangan dari pembahasan sebelumnya.

Pembimbing workshop, sekaligus Peneliti Ahli Utama BLAM, Dr. H. Abd. Kadir Massaweang, berharap pembuatan  aksara lontara nanti bisa terwujud dalam bentuk cerita bergambar sesuai manuskrip. (sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *