Sun. Apr 5th, 2020

BLAM

KEREN

Doktor Idham Raih Peneliti Ahli Utama BLAM

3 min read

Dr. H. Idham (dua dari kiri) usai pelantikan dan sumpah Jabatan Fungsional PAU, di Jakarta, Senin, 29 Juli 2019. Foto: Istimewa

1,119 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Kabar gembira datang dari Peneliti Balai Litbang Agama Makassar (BLAM). Satu lagi penelitinya menyandang Jabatan Fungsional Peneliti Ahli Utama (PAU). Ia adalah Dr. H. Idham, M.Pd, yang dilantik di Jakarta, Senin, 29 Juli 2019. Surat Keterangan PAU putra Mandar, Sulawesi Barat, ini diteken Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Pelantikan Idham dilaksanakan di Ruang Sidang Kementerian Agama (Kemenag) RI, lantai tiga Gedung Kemenag, Jalan M.H. Thamrin nomor 6 Jakarta Pusat. Selain Idham, Farida Hanum, Peneliti Pusat 2 Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kemenag, juga dilantik karena meraih PAU.

Mereka dilantik oleh Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Prof. Dr. H. Moh. Isom, bersama pejabat Fungsional Peneliti Pertama, Peneliti Muda, dan Peneliti Madya, serta pejabat struktural lainnya, di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.

“Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah Swt atas semua kemudahan yang diberikan kepada saya. Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan Kepala BLAM, dan semua teman di BLAM,” kata Idham.

Dengan menyandang PAU (Fungsional Golongan IVD), BLAM kini memiliki empat PAU, dan tiga di antaranya bergelar Profesor Riset. Mereka adalah Prof. Dr. H. Kadir Ahmad, Prof. Dr. H. Hamdar Arayyah, Prof. Dr. H. Arifuddin Ismail, Dr. H. Kadir Massoweang, dan Dr. H. Idham, M.Pd.

Idham kini selangkah lagi menyabet Profesor Riset. Karena itu, pria berusia 46 ini, mulai berkonsentrasi mengejar gelar jabatan fungsional tertinggi peneliti itu. Salah satunya, ia mulai fokus menyiapkan makalah untuk orasi ilmiah pengukuhan guru besar.

Untuk orasi ilmiah nanti, Idham yang tercatat sebagai peneliti di Bidang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, akan mengangkat judul berkaitan identitas Mandar, yaitu “Moderasi dan Kesetaraan sebagai Inti Budaya Mandar.”

“Mudah-mudahan saya bisa orasi ilmiah pengukuhan guru besar tahun ini (2019), atau paling lambat, tahun depan (2020),” harap Idham, yang pernah menjabat Kepala BLAM, ini.

Karier Idham sebagai peneliti di BLAM layak diacungi jempol. Sejak terangkat menjadi peneliti pertama (masuk melalui formasi peneliti) pada 2005, pria beranak satu ini, tergolong produktif menulis. Makanya, karier jabatan fungsional penelitinya cepat melejit.

Ia lalu membocorkan salah satu rahasia mengapa dirinya bisa produktif menghasilkan karya tulis ilmiah. Apa itu? Ia ternyata rajin mengirim tulisan hasil risetnya ke berbagai jurnal nasional maupun jurnal internasional. Dan, hampir semua tulisan yang ia kirim itu, dimuat di jurnal yang ia tuju.

Untuk produktif menulis, Idham punya cara tersendiri. Dalam penelitian reguler di kantor, kantor menugaskan masing-masing peneliti melakukan satu tema penelitian di satu lokasi. Selama ini, peneliti memang peneliti cuma fokus kepada penelitian yang ditugaskan kantor kepadanya. Namun, Idham justru sebaliknya. Ia melakukan hal berbeda.

“Setelah data yang saya kumpulkan untuk riset kantor selesai, dan ternyata masih ada waktu tersisa di lokasi sebelum pulang. Maka, saya pergunakan lagi waktu tersisa itu untuk mencari,  kira-kira isu apa yang menarik di daerah ini, dan bisa dijadikan tulisan buat jurnal,” katanya.

“Jadi, dalam satu lokasi, kita bisa bikin dua tema riset berbeda. Satu penelitian reguler kantor, dan satunya lagi inisiatif kita sendiri. Dan, saya selalu menargetkan dua tulisan itu masuk ke jurnal,” lanjutnya.

Selain itu, pesan Idham, ia juga menjalin dan memperluas jejaring dengan peneliti dari instansi berbeda. “Kita jangan hanya menjalin relasi dengan sesama peneliti di kementerian agama saja. Tetapi, penting juga kita memperbanyak dan memperluas jejaring dengan peneliti di luar instansi kita,” kata Idham. (ir)

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright ©BLAMakassar2019 | Newsphere by AF themes.