Sat. Sep 26th, 2020

BLAM

KEREN

Kepala BLAM Minta Pegawai dan Peneliti Tingkatkan Kinerja

2 min read

Kepala Balai Litbang Agama Makassar, H. Saprillah, M.Si, memimpin rapat evaluasi kinerja bawahannya, di aula kantor, Rabu pagi, 17 Juli 2019. Foto: Zulfikar

818 total views, 2 views today

MAKASSAR, BLAM – Kepala Balai Litbang Agama Makassar (BLAM), H. Saprillah, M.Si, meminta seluruh peneliti dan pegawai untuk terus meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas-tugas yang diamanatkan kepada mereka.

“Saya mengajak teman-teman semua untuk menyadari bersama, bahwa kita di sini bertemu secara profesional. Kita juga dipertemukan di sini, karena satu sistem profesi yang sama, yaitu orang-orang yang digaji oleh negara untuk penelitian, dan memberi rekomendasi penelitian kita untuk negara,” kata Saprillah.

Saprillah menegaskan hal tersebut saat menggelar rapat evaluasi di depan para pejabat struktural, pegawai, dan pramubakti BLAM, di aula kantor di lantai tiga, Rabu pagi, 17 Juli 2019.

Sejak menjabat Kepala BLAM, rapat evaluasi dijadikan tradisi untuk mengetahui, sekaligus memahami kinerja bawahannya. Padahal, sehari sebelumnya, Selasa (16/7/2019), ia baru balik dari Kota Jayapura untuk membimbing peneliti yang tengah riset di sana, yaitu Paisal, Syarifuddin, Muhammad Irfan Syuhudi, dan Ahmad Sarillah.

Dalam memahami kinerja bawahannya, Saprillah cenderung menggunakan human management atau mengelola dengan pendekatan berbasis kemanusiaan.

“Artinya, saya lebih berorientasi pada siapa yang mau bekerja, dia difungsikan untuk kepentingan apa, dan apa hasil yang kita bisa harapkan dari kerja dia,” katanya.

“Tapi, dalam enam bulan terakhir ini, saya menggunakan pendekatan lain, yang tidak memaksa teman-teman berada dalam proses sebagaimana mestinya, melainkan lebih melihat kepada hasil yang telah dilakukan. Nah, hasil ini harus ada. Sebab, itu yang paling penting,” lanjut pria berusia 43 ini.

Sebelumnya, Kepala Tata Usaha BLAM, H. Ilham, saat memulai rapat evaluasi, menyinggung sejumlah persoalan yang terjadi pada pegawai dan peneliti. Misalnya, terkait lambannya penyelesaian administrasi yang dilakukan pegawai, hingga lambannya masuk laporan hasil penelitian peneliti.

“Kalau isunya sih saya tanya ke panitia, laporannya sudah ada. Tapi, saya belum pernah lihat fisiknya. Kami berharap semua laporan kegiatan bisa cepat diselesaikan. Kita mestinya belajar dari tahun-tahun kemarin agar tidak keteteran di akhir tahun, karena harus menyelesaikan dua laporan, yaitu pengembangan dan penelitian,” kata Ilham.

Selain rapat evaluasi, pertemuan ini juga membahas penentuan jadwal dan lokasi kegiatan BLAM, untuk beberapa bulan mendatang. (zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright ©BLAMakassar2019 | Newsphere by AF themes.